Search

5 Bahan Alami untuk Menebalkan Rambut yang Dapat Kamu Coba di Rumah

Vemale.com - Demi mendapatkan berbagai gaya rambut, terkadang tanpa disadari kamu kerap melakukan beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok. Mulai dari menggunakan hairdryer bersuhu tinggi, mencatok rambut setiap hari, hingga menggunakan hair spray untuk menahan bentuk rambut. Nah, jika rambut sudah semakin sering rontok, akan timbul masalah berikutnya, yaitu: rambut tipis. Duh! Kalau rambut sudah menipis, tentu untuk menata rambut pun akan semakin sulit. Tidak perlu khawatir karena terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu dapatkan dengan mudah yang mampu membantu menebalkan rambut.

1. Daun Seledri

Meskipun sudah akrab dengan daun yang kerap menjadi pendamping burger dan hadir dalam salad ini, mungkin kamu belum mengetahui kalau ternyata daun seledri memiliki banyak manfaat untuk rambut. Seledri kaya akan kandungan anti-oksidan dan vitamin E yang mampu menutrisi kulit kepala secara mendalam sehingga dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih kuat dan lebih tebal. Untuk memanfaatkan daun seledri pada perawatan rambut, cukup haluskan seledri yang telah dicuci dan dibuang akarnya, haluskan, lalu aplikasikan layaknya masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut dan bilas hingga bersih. kamu bisa mengulangi cara ini selama 3-4 kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

2. Lidah Buaya

Kandungan yang sempat booming di awal tahun 2018 ini memang identik dengan segudang manfaatnya untuk kecantikan. Mulai dari melembapkan kulit, merawat kulit iritasi, hingga memperkuat rambut dan mengurangi rambut rontok. Lidah buaya juga mengandung enzim, asam amino, mineral, dan vitamin yang akan membantu menutrisi rambut dan menyehatkannya. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan daging lidah buaya yang telah dihaluskan pada rambut, lalu diamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas hingga bersih. Oh, iya, karena mengandung getah yang dapat menyebabkan rasa gatal, jangan lupa membersihkan daging lidah buaya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Ulangi setiap 2-3 kali dalam seminggu agar rambut dapat menjadi lebih sehat dan tebal.

3. Kemiri

Kemiri/Copyright Shutterstock

Jika biasanya kemiri hanya digunakan untuk menebalkan rambut bayi, ternyata kamu yang sudah dewasa pun dapat merasakan manfaatnya, kok! Kemiri mengandung zat aponin, falvonoida, dan polyphenol yang menurut hasil penelitian memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan mendorong pertumbuhan rambut baru. kamu bisa menggunakan kemiri untuk menebalkan rambut dengan dua cara. Cara pertama adalah dengan menumbuk halus kemiri yang telah disangrai untuk dioleskan pada kulit kepala selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Untuk cara kedua, kamu dapat langsung memanfaatkan minyak kemiri yang lebih praktis untuk dioleskan ke kulit kepala selama 30 menit juga, dan setelahnya bilas kembali rambut hingga bersih.

Baca juga: Mulai dari Masalah Rambut Rontok Sampai Kasar, Ini Pilihan Bahan Alami untuk Mengatasinya!

4. Santan

Bahan yang satu ini kemungkinan besar ada di dapur kamu yang gemar memasak nih. Selain populer sebagai bahan utama untuk berbagai hidangan tanah air, santan juga menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan rambut. Tidak disangka-sangka, air perasan kelapa ini kaya akan protein, kalsium, vitamin, dan zat besi yang dapat melembutkan rambut, mengatasi rambut kering, serta merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat rambut untuk mencegah rontok. Untuk mendapatkan manfaat dari santan, kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut selama 30 menit sambil dipijat lembut selama 2-3 kali dalam seminggu. Setelahnya, jangan lupa untuk membilasnya hingga bersih, ya!

Baca juga: Berbagai Manfaat Santan yang Baik untuk Kecantikan Kulit dan Rambut. Sudah Pernah Dengar?

5. Minyak Zaitun

Kaya akan kandungan vitamin A, C, D, E, dan anti-oksidan, minyak zaitu menjadi salah satu bahan alami yang paling sering digunakan dalam berbagai produk dan perawatan kecantikan, termasuk perawatan rambut. Minyak zaitun dapat membantu menyuburkan rambut dan menebalkan rambut, serta membuat rambut tampak lebih berkilau. Cara menggunakan minyak zaitun untuk rambut cukup mudah, yaitu gunakan minyak zaitun sebagai masker atau conditioner sebelum kamu keramas. Oh iya, pastikan kamu menggunakan minyak zaitun yang murni untuk mendapatkan manfaat menebalkan rambut yang lebih maksimal.

Baca juga: Tanda-Tanda yang Menunjukkan Sudah Waktunya kamu Potong Rambut

(vem/sociolla/apl)
BACA JUGA YANG INI

Let's block ads! (Why?)

https://www.vemale.com/cantik/116784-5-bahan-alami-untuk-menebalkan-rambut-yang-dapat-kamu-coba-di-rumah.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Bahan Alami untuk Menebalkan Rambut yang Dapat Kamu Coba di Rumah"

Post a Comment

Powered by Blogger.