Search

Tahapan Skin Care untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Vemale.com - Setelah sukses ‘membasmi’ jerawat membandel pada wajah, biasanya kamu akan dihadapkan dengan masalah baru: bekas jerawat. Meskipun tidak selalu menyebabkan bekas, beberapa faktor seperti tidak sengaja memencet jerawat, penggunaan spot treatment yang terlalu keras, atau mengeluarkan jerawat dengan cara yang salah dapat berujung pada timbulnya bekas jerawat. Dari beberapa jenis bekas jerawat yang mungkin terjadi, hiperpigmentasi atau terjadinya perubahan warna kulit yang tampak seperti noda hitam adalah yang paling sering terjadi. Nah, jika kamu sedang berusaha mengusir bekas jerawat dari wajah, yuk, lakukan tahapan skin care berikut!

Eksfoliasi

Eksfoliasi/Copyright Shutterstock

Sudah menggunakan serum dengan khasiat mencerahkan namun belum melihat adanya perubahan? Mungkin salah satu penyebabnya adalah kamu melewatkan eksfoliasi. Agar kulit dapat beregenerasi, tentu sel-sel kulit mati serta kotoran yang ada pada permukaan kulit perlu diangkat terlebih dahulu. Proses eksfoliasi akan mengangkat sel-sel kulit mati dan mempercepat proses regenerasi kulit, sekaligus membantu memperbaiki tekstur kulit yang mungkin terasa kasar karena bekas jerawat. kamu dapat menggunakan exfoliator yang sekaligus memiliki efek mencerahkan seperti glycolic acid atau retinoid untuk memaksimalkan proses eksfoliasi.

Baca juga: Hati-Hati, Ini 5 Hal yang Dapat Membuat Pembentukan Bekas Jerawat Semakin Parah

Serum

Dari kelima tahapan untuk memudarkan bekas jerawat pada wajah, penggunaan serum mungkin menjadi tahapan yang paling vital. Sebagaimana yang sudah kamu ketahui, serum merupakan produk skin care dengan konsentrasi tinggi yang diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit spesifik, misalnya ya bekas jerawat ini. Nah, untuk mengatasi bekas jerawat yang membandel, kamu tidak bisa asal memilih serum. Pilihlah serum dengan kandungan untuk mencerahkan kulit yang dapat membantu memudarkan pigmentasi pada bekas jerawat, misalnya niacinamide, kojic acid, atau vitamin C.

Baca juga: Ingin Wajah Lebih Cerah? Ini 5 Jenis Acid yang Perlu Kamu Cari

Face Oil

Selain menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan bejas jerawat secara alami, penggunaan face oil juga menjadi salah satu tahapan yang perlu kamu lakukan untuk memaksimalkan kerja serum agar bekas jerawat semakin cepat pudar. Pilihan face oil yang dapat kamu coba di antaranya adalah grapeseed oil yang dapat menghidrasi kulit serta membersihkan pori-pori dan mempercepat proses penyembuhan bekas jerawat. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif atau tidak cocok menggunakan face oil, kamu dapat menggunakan booster yang memiliki fungsi sama untuk memaksimalkan kerja serum.

Baca juga: Essence, Serum, dan Booster, Perlukah Memakai Ketiganya?

Moisturizer

Moisturizer/Copyright Shutterstock

Secara teknis, bekas jerawat merupakan luka yang terjadi pada kulit akibat jerawat. Jadi, sama halnya sebagaimana jika kamu ingin menyembuhkan luka, untuk mempercepat proses mengatasi bekas jerawat, kamu perlu ‘memulihkan’ kulit pada area tersebut dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan moisturizer. Saat kulit dalam keadaan lembap dan terhidrasi dengan baik, sel-sel kulit dapat bekerja dengan optimal dan mempercepat proses regenerasi kulit yang akan membantu memudarkan bekas jerawat. Untuk manfaat ekstra, kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan yang memiliki efek mencerahkan seperti vitamin C atau licorice extract, lho!

Sunscreen

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya antara bekas jerawat dengan perlindungan dari sinar matahari? Tanpa penggunaan sunscreen, cara kulit untuk melindungi dirinya dari sinar UV adalah dengan melepaskan melanin alias pigmen warna yang dapat membuat kulit tampak semakin gelap. Tidak hanya itu saja, radikal bebas yang terdapat pada sinar UV pun akan mengganggu sel-sel kulit sehat. Nah, tidak hanya mengganggu kesehatan kulit, kombinasi kedua hal tersebut tentu akan membuat bekas jerawat yang sudah gelap semakin gelap dan membutuhkan waktu lebih lama untuk memudar. Oleh karena itu, jika ingin bekas jerawat kamu cepat hilang, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen, ya!

Baca juga: Rekomendasi Sunscreen untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

(vem/sociolla/apl)
BACA JUGA YANG INI

Let's block ads! (Why?)

https://www.vemale.com/cantik/117110-tahapan-skin-care-untuk-menghilangkan-bekas-jerawat.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tahapan Skin Care untuk Menghilangkan Bekas Jerawat"

Post a Comment

Powered by Blogger.