Search

7 Jenis Pelembap Kulit yang Dapat Kamu Coba, Catat Ya!

Vemale.com - Jika kamu ingin menjaga agar kulit tetap lembap sepanjang hari, solusinya bukan hanya krim pelembap saja, lho. Meksipun identik hadir dengan bentuk krim, sebenarnya masih ada lagi banyak pilihan bentuk pelembap untuk kulit yang dapat kamu coba. Mulai dari yang teskturnya cair dan terasa ringan, hingga yang bertesktur lebih kental dan memberikan kelembapan maksimal pada kulit. Tentunya, tidak ada pilihan bentuk pelembap yang paling baik dibanding bentuk lainnya, karena setiap kulit memiliki kebutuhan yang berbeda. Nah, jika kamu sedang mencari pelembap, yuk, berkenalan lebih dekat dulu dengan 7 pilihan bentuk pelembap kulit berikut!

1. Face Mist

Meskipun kerap dianggap sebagai pelengkap tambahan dalam skin care routine, face mist atau face spray sebenarnya juga tergolong ke dalam kategori pelembap kulit. Memang tingkat hidrasi atau kelembapan yang kamu dapatkan dari face mist tidak sebanyak tingkat hidrasi yang kamu dapatkan dari bentuk pelembap kulit lainnya. Namun, bentuk pelembap kulit dalam face mist yang praktis dan instan ini pas sekali untuk kamu yang berencana bepergian. Selain itu, bentuk pelembap kulit ini juga cocok untuk menambah hidrasi setiap beberapa jam saat kamu bekerja dalam ruangan ber-AC terus-menerus.

Baca juga: 5 Face Mist Lokal yang Bisa kamu Gunakan Untuk Melembapkan dan Membuat Wajah Dewy

2. Toner/Serum/Essence

Memiliki tesktur yang paling cair dan ringan sama seperti face mist, perbedaan dari ketiga bentuk pelembap ini terlentak pada konsentrasi kandungan yang terdapat di dalamnya. Toner umumnya memiliki konsentrasi kandungan aktif yang rendah, sehingga fungsinya lebih ditujukan untuk menyegarkan dan mempersiapkan kulit agar lebih lembap sebelum penggunaan skin care lainnya, serta mengembalikan pH kulit agar kembali seimbang. Berbeda dengan essence yang memiliki kadar konsentrasi kandungan aktif lebih tinggi, dan berfungsi untuk menghidrasi sekaligus menutrisi kulit. Serum umumnya memiliki konsentrasi kandungan aktif yang paling tinggi dan digunakan untuk melembapkan sekaligus ditargetkan untuk mengatasi masalah kulit secara spesifik.

Baca juga: Perbedaan Essence, Serum, Emulsion Serta Cara Pakainya

3. Lotion

Tidak terlalu kental dan tidak terlalur cair, inilah konsitensi yang akan kamu dapatkan dari pelembap dalam bentuk lotion. Meskipun terasa sangat ringan, pelembap dalam bentuk lotion tetap mampu memberikan kelembapan dengan kadar yang cukup tinggi. Pelembap jenis ini dapat bekerja dengan baik pada semua jenis kulit, namun akan bekerja paling baik pada kulit berminyak karena lotion akan melembapkan tanpa membuat kulit terlihat semakin berminyak. Untuk kulit kering, penggunaan pelembap dalam bentuk lotion tentu masih perlu dibarengi dengan bentuk pelembap lainnya.

Baca juga: Mencari Produk untuk Membersihkan Makeup? Lihat 3 Cleansing Lotion Lokal Ini, Yuk!

4. Krim

Nah, inilah bentuk pelembap kulit yang paling sering ditemui. Dalam bentuk krim, pelembap dapat memberikan kadar hidrasi tinggi yang dibutuhkan kulit, terutama di waktu malam (inilah kenapa ada istilah night cream). Meskipun memiliki bentuk krim yang identik dengan teksturnya yang heavy, sebenarnya terdapat berbagai jenis pelembap berbentuk krim yang memiliki konsistensi berbeda-beda. Ada juga pelembap dalam bentuk krim yang terasa ringan, lho. Bentuk pelembap ini paling dijagokan karena umumnya mengandung kombinasi dari emollient dan occlusive yang dapat bekerja memberi kelembapan sekaligus mengunci kelembapan pada kulit.

Baca juga: Sedang Mencari Pelembap untuk Kulit Dehidrasi? 5 Pilihan Produk dari Brand Korea Ini Bisa kamu Coba!

5. Gel

Memiliki kulit berminyak atau kombinasi? Pelembap dalam bentuk gel kerap menjadi pilihan yang lebih direkomendasikan karena konsistensinya yang lebih cair, tesktur yang mudah menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Umumnya, pelembap kulit dalam bentuk gel mengandung lebih banyak humectant seperti hyaluronic acid atau gliserin yang akan mengikat kelembapan dari luar, sedangkan, pelembap dalam bentuk krim memgandung lebih banyak emollient yang cocok untuk kulit kering.

Baca juga: 5 Rekomendasi Pelembap Bertekstur Gel untuk Pemilik Kulit Wajah Berminyak dan Kombinasi

6. Oil

Belakangan ini, bentuk pelembap yang berupa oil atau minyak menjadi semakin digemari. Pasalnya, selain lebih natural dan alami, pelembap dalam bentuk minyak mampu memberikan hidrasi lebih sekaligus merawat dan mengatasi permasalahan kulit seperti tanda-tanda penuaan. Bahkan, beberapa beauty influencer memilih untuk menggunakan rosehip facial oil sebagai pelembap wajah sehari-hari karena khasiat anti-aging-nya. Namun, kamu perlu berhati-hati jika kamu memiliki kulit berminyak atau cenderung berjerawat dan ingin menggunakan facial oil, karena beberapa facial oil memiliki konsentrasi yang tinggi serta berpotensi menyebabkan breakout.

Baca juga: Rosehip Oil, Kandungan Skin Care yang Kaya akan Segudang Manfaat

7. Ointment

Ointment merupakan merupakan salah satu jenis pelembap kulit selain lotion dan krim. Berbeda dengan lotion atau krim, ointment merupakan pelembap yang paling kaya karena terbuat dari 80% minyak dan 20% air sehingga mampu melembapkan sekaligus mengunci kelembapan pada kulit (occlusive). Oleh karena itu, ointment cocok digunakan untuk mengatasi masalah kulit yang sangat kering seperti bibir, area siku, atau telapak kaki, serta membantu merawat luka ringan. Umumnya, ointment terbuat dengan bahan dasar petrolatum seperti pada petroleum jelly.

Baca juga: Review: Pure Paw Paw, Ointment yang Ampuh Mengatasi Kulit Kering dengan Mudah dan Cepat

(vem/sociolla/apl)
BACA JUGA YANG INI

Let's block ads! (Why?)

https://www.vemale.com/cantik/116789-7-jenis-pelembap-kulit-yang-dapat-kamu-coba-catat-ya.html

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Jenis Pelembap Kulit yang Dapat Kamu Coba, Catat Ya!"

Post a Comment

Powered by Blogger.